Istilah SEO Yang Wajib Anda Ketahui

Mengenal istilah SEO, bagi anda sebagai pemula memang wajib harus tahu istilah SEO berikut ini yang akan saya sampaikan. Ada beberpa istilah SEO yang memang harus anda ketahui dan anda mengerti ketika anda ingin belajar SEO.

Bagaimana SEO itu Bekerja?

Untuk memahami bagaimana SEO itu bekerja dan apa pengaruhnya SEO pada web atau blog anda. Anda mungkin bisa membaca artikel terkait tentang hubungan mesin pencari untuk pemasaran.

Menjadi seorang blogger yang sukses dimasa yang akan datang, adalah impian para blogger sejak dulu. Selain hobi menulis, hobi memberikan informasi yang terupdate kepada pengunjung atau visitor, kita sebagai seorang blogging, kita akan mendapatkan penghasilan atau hobi yang menghasilkan uang.



Baiklah sob, tanpa basa-basi lagi kita masuk saja pada intinya sesuai judul artikel ini. Apa saja sih istilah SEO yang wajib kita ketahui sebagai pemula?

Berikut adalah istilah SEO beserta pengertiannya:

1. Backlink / Inbound Link
Adalah link yang mengarah langsung ke situs atau blog anda

2. Outbound Link
Adalah link yang mengarah ke situs web lain atau blog lain dari situs web atau blog anda.

3. Black Hat SEO
Adalah teknik SEO untuk menaikan peringkat yang sebenarnya dilarang.

4. White Hat SEO
Adalah teknik SEO pada umumnya.

5. PageRank ( PR )
Adalah algoritma pencarian pertama kali oleh google. Sekarang digantikan oleh google panda, penguin, dan algoritma-algoritma baru linnya. Cara untuk meningkatkan pagerank pada blog atau web anda, mungkin anda bisa membaca artikel ini tentang Tips Meningkatkan Pagerank .

6. Search Engine Marketing
Bisa dikenal sebagai SEM merupakan metode yang digunakan untuk memasarkan website maupun produk di internet. Dalam SEM terdapat 2 hal penting yang menjadi dasar Yakni SEO ( Search Engine Optimization ) dan PPC ( Pay Per Click ). 

7. Anchor Text
Dikenal juga dengan istilah text gambar. Biasanya berupa kata yang dapat diklik dalam sebuah konten.

8. NoFollow
Bertujuan untuk memberikan sinyal kepada google, bahwa link yang tertera dalam blog/website yang dimiliki tersebut tidak mengarah ke link yang tertera.

9. Title Tag
Meletakan title tag yang didalamnya mengandung kata kunci atau keyword dalam sebuah konten anda, maka ini bisa membantu mesin pencari dalam melacak konten yang anda buat.

10. Meta Deskripsi
Meta deskripsi atau tag meta pada html merupakan gambaran dari setiap artikel pada suatu halaman blog atau web. Penerapan ini bisa membuat kecocokan dengan judul artikel yang anda buat dan bisa juga menaikan klik yang muncul pada saat dilakukan pencarian.

11. SERP
Serch Engine Result Page yang artinya adalah sebuah ranking atau peringkat suatu web atau blog yang terdapat di halaman serta barisan depan mesin pencari.

12. Keyword Atau Kata Kunci
Ini adalah salah satu istilah dari SEO yang sangat dikenal. Kata kunci merupakan beberapa kata yang menggambarkan atau menunjukan kepada layanan, merek, ataupun produk yang akan diperkenalkan.

13. Indexing
Berguna sebagai pengumpulan serta penyimpanan data dari seluruh web/blog anda. Mesin pencari nantinya akan secara terus menerus melakukan penelusuran atau melakukan pencarian apakah web/blog anda ada pembaharuan atau tidak yang nantinya akan disimpan di database.

14. Rel Canonical
Merupakan link yang mampu menentukan prioritas beberapa halaman anda di mesin pencari.

15. Redirect
Berguna untuk mengarahkan mesin pencari dengan alamat URL dari suatu web atau blog.

16. Alt Text
Lainhalnya dengan istilah ini adalah text alternatif yang memiliki fungsi untuk memberitahu search engine mengenai suatu gambar .

17. Crawling
Sebuah proses ketika googlebot menemukan konten baru diwebsite atau blog anda, lalu konten tersebut akan ditambahkan agar dapat terindex oleh google.

18. Link Juice
Adalah sebuah link yang terdapat di dalam sebuah website, dimana link tersebut mempunyai peran ketikaa meningkatkan website atau blog yangs edang kita optimasi. Link Juice ini dipopulerkan oleh seorang SEO expert yaitu Greg Boser.

19. Google Dance
Adalah sebuah algoritma yang diciptakan google untuk menyusun ulang website atau blog yang berada di SERP. Anda jangan heran ketika jumlah visitor web atau blog anda turun dan jangan langsung men-judge jika website atau blog anda terkena penalti.

20. Google Sandbox
Sebuah penalti atau hukuman yang diberikan oleh google terhadap sebuah halaman website atau blog, dengan cara menurunkan posisi ranking halaman tersebut di SERP. Hal ini jelas-jelas akan merugikan anda.

21. Google Analytics
Pasti anda kenal dengan istilah SEO ini, karena layanan google ini hanya untuk mengukur dan menganalisa kunjungan user kesebuah website atau blog.

22. Page Authority dan Domain Authority
Istilah ini yang paling banyak di cari dan tentunya tidak mudah untuk meningkatkan PA dan DA ini pada sebuah web atau blog. Anda mungkin bisa membaca artikel tentang tips meningkatkan DA dan PA.

23. Social Bookmark
Sebuah website atau blog yang hisa digunakan untuk mengelola, menyimpan, serta membagikan URL yang dianggap penting.

24. Bounce Rate
Adalah istilah SEO yang digunakan untuk mengukur seberapa banyak user yang hanya mengunjungi SATU halaman seb atau blog anda yang diukur dalam persen. Semakin rendah nilainya, semakin bagus.

25. HoneyMoon
Adalah istilah antara webmaster yang menggambarkan kondisi jika suatu halaman baru tiba-tiba menjadi juara 1. Biasanya ini algoritma google untuk mencari artikel yang masih segar.

Mungkin itu saja yang dapat CS sampaikan pada post kali ini, jika ada yang kurang atau anda mau menambahkan, jangan sungkan untuk bersosialisai pada kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih

4 Responses to "Istilah SEO Yang Wajib Anda Ketahui"

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai artikel yang anda baca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel